Bermain dan mengasah otak bayi atau anak usia dini dengan gambar

Selamat pagi ayah bunda yang bahagia dan penyabar, kali ini admin akan sharing tentang pengalaman pribadi ketika mengenalkan si buah hati pada benda-benda di sekeliling yang tentunya masih baru baginya di dunia ini. Saya menggunakan metode gambar, sejak usia 0 s/d 12 bulan anak-anak sudah mulai saya latih untuk mengenal gambar, ini gunanya untuk melatih daya ingat mereka agar kelak mudah untuk memahami sesuatu. Misal mudah ingat atau cepat tanggap tentang nama benda, warna benda dan lokasi benda. Dan kedepannya kalau sudah biasa melatih daya ingat tentunya akan mudah dalam menghafal huruf dan angka, bukan begitu ayah bunda?

Menurut Johann Heinrich Pestalozzi seorang pakar pendidikan yang lahir di Zurich, Swiss, pembelajaran pada anak usia dini harus menekankan pada Auditory, Visual dan Memory. Jadi harus ditekankan pada pendengaran, penglihatan dan daya ingat. Bagaimana saya melakukannya? Nah saya jelaskan berikut ini....

Saya buatkan gambar benda-benda apa saja dalam bentuk hitam putih di kertas ukuran sekitar 12cm x 12cm kemudian saya tempel di dinding kamar. Jangan membuat gambar dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil karena agar mata bayi bisa fokus. Ingat ya ayah bunda yang bahagia dan penyabar, khusus untuk usia 0 s/d 12 bulan sebaiknya kita kasih gambar yang simpel dan tidak mengandung banyak warna.

Setiap ada kesempatan waktu untuk bercanda, bermain selalu saya perlihatkan gambar tersebut sambil menyebutkan namanya dan sesekali biarkan anak kita menyentuhnya. Biarkan beberapa waktu matanya menatap gambar tersebut sehingga melatih otak untuk merekamnya dan mengingatnya. Bila sudah sering gambar itu dilihat, misal ketika usia anak sudah 2 bulan coba tambahi dengan gambar yang lain begitu seterusnya. Dari sini buah hati kita sudah belajar melihat mengidentifikasi gambar, mendengar ucapan kita waktu menyebutkan nama gambar tersebut dan juga belajar mengingat gambar dan ucapan kita. Nah sekitar usia 10 s/d 12 bulan bisa mulai dikenalkan dengan gambar yang berwarna.

Begitulah ayah bunda sedikit pengalaman dari saya dan hasilnya saat usia mereka 1 tahun lebih sudah bisa kita tes untuk mencocokkan gambar, menaruh barang pada tempatnya semula dan ketika bermain akan sangat interaktif. Kalau ayah bunda juga menyelingi dengan mendengarkan lagu-lagu anak maka ketika usianya 1 tahun lebih mereka bisa menghafal lagu-lagu dengan mudah karena daya ingat mereka sudah terlatih.

O iya bagi ayah bunda yang ingin mencoba tapi tidak ada waktu untuk menggambar, jangan khawatir bisa langsung memakai gambar yang saya buat dan gratis dibawah ini, sementara seri hewan dulu ya. Tinggal di download, simpan dan cetak. Atau langsung klik gambarnya dan cetak dari browser anda di kertas ukuran F4. Kemudian gunting di tanda garis potong-potong yang ada dan tempel di dinding kamar. Kenapa saya sarankan di dinding kamar ? karena agar sering dilihat, kalaupun tidak di dinding sebenarnya tidak apa-apa misalkan di tempel di karton  atau dilaminating kotak kecil-kecil tapi kadang bisa hilang atau males mencari kalau dibutuhkan betul kan hehe... selamat mencoba




0 Response to "Bermain dan mengasah otak bayi atau anak usia dini dengan gambar"

Post a Comment